Selasa, 08 April 2008

MATERI DISKUSI I

Saya lebih setuju pengertian yang ke – 3 karena terkadang seseorang belum dapat mengetahui kemampuan dan kelebihan dirinya sendiri, maksudnya seseorang itu belum menyadari potensi – potensi yang ada dalam dirinya dan belum dapat mengeksplorasikan potensi dirinya,untuk disalurkan ke jalur yang tepat / positif dan bisa berkompetisi di dalam kehidupannya, untuk itulah pendidikan lebih mengarah dalam mengeksplorasi potensi / bakat seseorang. Dan saya hanya dapat menambahkan sedikit bahwa pendidikan itu merupakan pedoman hidup dan kunci keberhasilan segala macam tujuan apapun, karena pendidikan ibarat kompas yang selalu menuntun seseorang kearah yang lebih baik lagi.dan intinya pendidikan sebagai ilmu itu tidak akan pernah habis malahan akan terus berkembang sepanjang zaman.

MATERI DISKUSI II

1. Pendidikan merupakan segala sesuatu yang diberikan oleh orang yang berilmu atau berwawasan luas ke orang yang lebih sedikit ilmunya/yang berwawasan kurang (orang yang membutuhkan ilmu) dan pendidikan itu tidak akan berkurang sedikit pun nilai ilmunya bahkan semakin bertambah besar dan berkembang bila terus dieksplorasi / di pahami lebih jauh lagi. Pendidikan ibarat harta yang tidak akan pernah habis sampai kapan pun.pendidikan ibarat ilham yang diturunkan secara mendasar dan menyeluruh secara sempurna dan tanpa proses yang instans karena prosesnya bertahap.

Pengajaran itu merupakan proses yang instant tanpa memahami secara menyeluruh apa yang ingin diketahui, hanya memindahkan tanpa tahu sebab akibatnya ( dari mana asalnya ) dan ilmu yang demikian tidak akan berkembang.namun kalau boleh saya mengungkapkan dizaman sekarang ini lebih mengedepankan pengajaran dari pada pendidikan,karena pengajaran lebih cepat (instans) dalam mentransfer ilmunya, namun secara ilmiah pengajaran akan berdampak buruk bagi dunia pendidikan.

2. Posisi eskalasi mental seseorang dimana seseorang tersebut diposisi yang sangat buruk dan situasi tidak membantu, dalam masalah yang sangat besar dan tak menentu, kemungkinan ada jalan keluar sangat kecil namun bila dapat melaluinya dia akan menjadi seseorang yang akan sukses dan berhasil dan tidak akan mudah terpengaruh oleh berbagai masalah apapun karena seseorang tersebut sudah kuat mentalnya dan telah terbiasa menghadapi berbagai masalah yang sedemikian rumit.atau posisi eskalasi seseorang disaat melakukan kesalahan dan segara bisa bangkit untuk segera memperbaiki dan tanpa putus asa.

Tidak ada komentar: